21 Maret 2015

Daniel Melville The Stars Wars Man

Daniel Melville
Terlahir tanpa satu tangan membuat Daniel Melville kesulitan menjalani kesehariannya. Tapi semuanya bisa ia atasi berkat tangan bionik cetakan printer 3D yang membuat pria 23 tahun ini mendapat julukan pria star wars.

Ya, dalam trilogi Star Wars, tangan salah satu tokohnya, Luke Skywalker dipotong oleh musuh, Darth Vader yang merupakan ayahnya sendiri. Apalagi mengingat dalam film tersebut Luke mirip dengan sang ayah yang memiliki tungkai bionik.

Tangan bionik yang digunakan Daniel tak lepas dari peran ahli robotika Joel Gibbard yang mengusahakan agar Daniel tak kesulitan lagi ketika beraktivitas. Dengan menggunakan sensor 3D, Joel hanya butuh waktu 20 menit untuk pemindaian lengan Daniel.

Kemudian, dalam 40 jam tangan bionik itu sudah berhasil di cetak. Sudah pasti, atas apa yang ia dapatkan Daniel merasa bahagia meski tangan bionik yang ia gunakan menurut dia rasanya seperti menggunakan sarung tangan.

"Selama ini aku lelah menunggu perubahan pada tanganku. Aku harus menunggu berbulan-bulan hanya untuk mendapatkan soket. Aku tidak bisa membayangkan jika tangan ini bisa kuperoleh sejak masih muda," kata Daniel

"Aku merasa nyaman-nyaman saja menggunakan tangan power ranger, tangan star wars, atau apapun sebutan bagi tangan ini yang penting aku bisa lebih mudah melakukan sesuatu. Ada banyak tangan robotik yang dijual di luar sana tapi harganya sangat mahal," imbuh pria yang berdomisili di Reading ini.

Tangan bionik Daniel dipercaya adalah tangan 'pasangan' pertama yang dicetak dengan printer 3D. Joel yang merupakan pendiri Open Bionics di Bristol berharap tahun depan dirinya bisa menghasilkan lebih banyak produk prostetik untuk membantu orang-orang yang kehilangan anggota tubuhnya, terutama tangan.

"Ada kepuasan tersendiri ketika saya berhasil menciptakan tangan ini. Melihat Daniel bisa menulis dan mengangkat sesuatu membuat saya bangga. Saya telah merancang sejumlah prototipe lain untuk bisa membantu lebih banyak orang," tutur Joel.

(rdn/vit)