5 Maret 2014

Getun, semua dikerjakan dengan kaki. part 2

                                             




Semua dikerjakan dengan kaki.

Kehadiran Getun kecil, ternyata juga membawa berkah bagi orang tuanya. menurut Sarinem, sebelum Getun lahir, ia bersama suaminya kerap memelihara hewan ternak, namun tak kunjung menghasilkan. Tetapi setelah Getun lahir, kami memelihara kambing dan ternyata berhasil beranak.

Meski begitu, keluarga Getun hidup dalam lilitan keterbatasan ekonomi yang dialaminya hingga kini. Sarinem mengatakan suaminya hanya bekerja mencari rumput untuk hewan ternak dan sebagai buruh setabutan. Sedangkai Sarinem sendiri hanyavmenjajakan kue di salah satu taman kanak kanak di desanya.

Dalam kondisi keterbatasan ekonomi itu, ia berusaha menanamkan rasa kemandirian kepada putri bungsunya. Alhasil, Getun bisa melakukan semua aktivitas sendiri. Mulai dari mandi hingga gantu pakaian sampai membantu ibunya memasak didapur atau membersihkan rumah. Semua aktivitasnya itu dilakukan dengan kaki.

"sejak kecil saya sudah ajarkan Getun untuk busa belajar melakukan apapun sendiri. Saya ingin anak saya bisa mandiri dan bisa menjalani hidupnya seperti orang kebanyakan, sekalipun tidak memiliki dua tangan." ujar sarinem. #chandra iswinarno, kartini