8 Februari 2015

Apakah yang dibutuhkan oleh pasien patah tulang ?


Saya termasuk orang yang pernah mengalami patah tulang dan pernah menjadi pasien patah tulang di salah satu pengobatan Alternatif di Jakarta. Saya ingin mencoba berbagi tentang apa sih yang diinginkan oleh pasien patah tulang, khususnya patah tulang kaki ?

Sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang peristiwa apa yang saya alami sehingga menyebabkan tulang paha kiri saya patah. “Kecelakaan”, yaa kecelakaan tunggal sepeda motor adalah penyebabnya. Kenapa saya bisa mengalami kecelakaan tersebut ?

Ini perlu menjadi pelajaran untuk semua pengendara sepeda motor, jika memang kiranya anda mengantuk, saya sangat menganjurkan untuk segera pinggirkan motor anda lalu beristirahatlah sejenak. Anda bisa melakukan hal yang mengembalikan stamina anda, minum, makan, cuci muka, atau merokok bagi anda perokok. Setelah anda segar kembali silahkan lanjutkan perjalanan anda. Dan ingat, orang orang yang anda sayang dan menyangi anda sedang menunggu anda datang ke rumah dengan selamat.

Dua bulan lamanya saya terbaring di bangsal pengobatan alternative. Bayangkan jika anda seorang yang aktif lalu kemudian tiba tiba selama itu anda menjadi pasif karena gak ada kegiatan yang bisa dilakukan dengan posisi lain selain sambil terbaring. Saya dan teman teman satu perjuangan di bangsal sama. Kami ibadah, makan, minum, mandi, sampai buang air di tempat yang sama yaitu di tempat tidur masing masing dalam satu bangsal. 

Dalam satu bangsal kami ber sepuluh. Kami sepuluh orang yang berbeda sifat, karakter, asal usul, usia, belum pernah kenal sebelumnya tetapi kami menjadi satu, kami saling kenal, saling berbagi cerita dan kami merasakan keinginan hal yang sama. Apa itu ? 

Keluarga

Yang pasti dan paling utama adalah keluarga.  Orang tua, kakak, adik, suami/istri dan lainya yang bisa menemani kami untuk tinggal bersama dan membantu memenuhi keperluan kami. Karena menurut saya keluarga adalah bantuan pertama yang diberikan Allah untuk kita. Keluarga adalah segalanya.

Pacar

Buat yang belum mempunyai suami/istri kehadiran pacar atau kekasih hati bisa menjadi semangat tersendiri yang baik juga untuk proses penyembuhan. Yang dibutuhkan pasien tidak hanya obat luar tapi obat hati bisa menjadi penting juga. Perasaan yang bahaghia dapat mempercepat penyembuhan dan itu bisa datang datang dari kekasih anda. Kalo anda kerja, cobalah di saat anda libur temani pacar anda yang sedang di rawat. 

Kerabat

Kami butuh kerabat, teman teman, karena kami merasa jauh lebih baik jika kerabat kami datang untuk menjenguk walau hanya untuk sekedar bercanda, tertawa, berbagi cerita. Karena itulah yang membuat kami sejenak lupa jika kami sedang terbaring.

Tiga hal penting itulah menurut saya yang diperlukan oleh pasien patah tulang. “KPK” Keluarga Pacar Kerabat. Bagaimanapun pengobatan diluar medis sangatlah penting. Namun tentunya kami pun memerlukan pendekatan dengan Allah yang Maha Pemberi Kesembuhan. Kami yang Muslim Solat dan Mengaji dengan keterbatasan kami, bagi yang non muslimpun setiap hari minggu ada kegiatan keagamaan mereka. Ibadah wajib dilakukan dalam keadaan apapun, baik sempit maupun lapang, baik susah maupun senang. Karena sesungguhnya peristiwa yang kami alami ini sudah merupakan ketentuanNya. Dan pasti ada hikmah dalam setiap cobaan yang diberikan.