25 Desember 2014

Mode tanpa batas

Pakaian dari desainer Sabina Gorelik
Moscow Fashion Week di Rusia biasanya dikenal sebagai salah satu yang terbesar di dunia mode, tapi setelah aksi mereka yang cukup mengesankan pada acara tahun ini, mungkin itu akan berubah.

Ada gerakan yang menarik terjadi di dunia mode, dimana desainer dan konsumen sama-sama menuntut perubahan, keragaman dan representasi yang lebih baik dari dunia nyata.

"Mode Tanpa Batas" adalah nama acara landasan pacu yang melihat sekelompok desainer menampilkan desain mereka pada model yang semua memiliki kekurangan fisik/cacat.

Pakaian dari desainer Daria Razumihina
Desainer seperti Daria Razumihina, Sabina Gorelik, Dmitriy Neu, Masha Sharoeva, Albina Bikbulatova, Oksana Livencova, Miguel Angelo Fernandes Carvalho dan Christine mensajikan koleksi couture untuk penyandang cacat fisik dan achondroplasia. Inisiatif ini, yang disebut "Model tanpa batas" bertujuan untuk meningkatkan kesadaran/kepedulian terhadap penyandang cacat fisik dalam industri fashion dan merupakan bagian dari acara fashion empat hari di Moskow yang memiliki lebih dari 30 desainer.

Tujuan dari acara mereka adalah untuk memungkinkan model cacat untuk tidak dikecualikan dari industri fashion, bertujuan untuk membawa keragaman dan representasi yang lebih besar bagi orang-orang cacat ke mode mainstream dan mereka berharap banyak dari mode lain yang lebih besar di seluruh dunia akan memperhatikan dan mengikutinya.

Jadi ini adalah ketiga kalinya Moskow Fashion Week, dan setiap tahun banyak desainer bersaing untuk menjadi bagian dari showcase yang tidak diragukan lagi.